| by admin | No comments

Review Game Prison Architect – Simulasi Membangun Penjara Idaman

Prison Architect adalah jenis video game tentang simulasi kontruksi dan manajemen penjara. Game atau permainan ini berhasil dikembangkan oleh Introversion Software atau perangkat lunak introversi pada tahun 2015 sampai pertengahan 2019. Kemudian, dilanjutkan oleh double eleven yang masih terus dilakukan sampai saat ini. Di bawah produser Mark Morris serta di desain oleh Chris Delay. Game ini dapat dimainkan dalam berbagai platform, layaknya permainan di Pokerasia.cc, seperti diantaranya adalah beberapa platform dibawah ini

  1. Microsoft Windows
  2. MacOS
  3. Linux
  4. PlayStation 4
  5. Xbox 360
  6. Xbox One
  7. iOS
  8. Android
  9. Nintendo Switch

Dari beberapa platform permainan diatas, tipe iOS dan Android lah yang banyak diminati atau banyak dimainkan oleh masyarkat. Hal ini mungkin terjadi karena beberapa alasan tersendiri, seperti mudah dan simple dalam memainkannya serta bisa dibawa kapan dan dimanapun Anda pergi.

Sedangkan gameplay dari Prison Architect sendiri yaitu simulasi konstruksi dan manajeme 2D top down atau bisa dibilang juga dengan metode 3D parsial, yang mana pemain dapat mengendalikan, membangun dan menjalankan penjara. Dalam hal ini, permain bertanggung jawab atas banyak hal, seperti diantaranya adalah mengenai perekrutan tenaga kerja, staf dan penjaga penjara, sarana prasarana dan fasilitas yang ada di dalam penjara, bahkan menjadi kepala penjara sekalipun. Melalui hal ini, Anda dapat menciptakan berbagai aspek permainan baru yang pastinya seru dan sangat menantang untuk dimainkan. Selain itu, pemain juga berperan dalam menjaga keuangan serta berbagai aktivitas yang mebyangkut narapidana yang ada di penjara mereka.

Pada awal permainannya, diperkenalkan metode tutorial yang mana pemain diposisikan sebagai narapidana yang akan melarikan diri karena telah banyak menciptakan berbagai macam permasalahan. Setelah tutorial ini berakhir, maka Anda akan diposisikan sebagai pengatur penjara yang sebenarnya, dimana Anda mempunyai kekuasaan penuh untuk mengaturnya, yang mana dapat juga mempersulit tingkat permainan dan menyamakan kondisi penjara dengan kehidupan penjara yang sebenarnya.

Secara tidak langsung, Prison Architect ini membentuk pemain sebagai seorang gubernur dan arsitek yang menerapkan sistem manajemen mikro. Sistem manajemen itulah yang digunakan untuk mengatur tatanan lampu, saluran air dan berbagai sarana prasarana lainnya agar mereka bisa tetap terhubung bersama. Dalam hal ini, pemain memberi tahu serta menerapkan jadwal kegiatan tahanan serta tentang hal yang harus mereka lakukan. Versi terbaru dari game ini adalah pembaruan 16, yang mana memperkenalkan metode multipemain dalam sebuah permainan. Hal ini sangat menguntungkan tentunya, karena bisa mencakup atau memungkinkan hingga paling banyak 8 pemain untuk secara kooperatif atau kerja sama dalam membangun penjara. Akan tetapi, hal ini tidak berlangsung lama karena beberapa bulan kemudian, dikurangi sebanyak 4 pemain dan ditetapkan sebagai multipemain.

Selain itu, Prison Architect juga sempat mencapai tingkat pemasaran atau penjualan yang cukup tinggi pada tahun 2016, dimana masih pada saat masa awal peluncurannya. Hal ini terbukti dari hasil yang diperoleh yang telah mencapai $ 19 juta dengan 1,25 juta unit game. Ditambah lagi sejak muncul pembaruan pada game ini setelah beberapa bulan kemudian, maka jumlah pemain kita meningkat, pernah tercatat mencapai dua juta lebih. Terlebih lagi pada saat ini, tiga tahun setelahnya. Tentunya sudah banyak terjadi peningkatan jumlah pemain, terutama pemain dengan meode iOS atau Android.