| by admin | No comments

Pedoman Mengelola Video Game

Video game adalah bagian dari kehidupan. Dan seorang anak yang bermain video game bukanlah sebuah kejahatan. Orang tua harus belajar bahwa dunia sedang berubah dan bahwa anak-anak perlu dibesarkan sedikit berbeda dari satu dekade yang lalu. Alih-alih, lebih baik jika orang tua belajar semaksimal mungkin tentang video game dan memungkinkan anak-anak mereka bermain video game dengan aman.

Video game dapat bermanfaat atau berbahaya tergantung pada game mana yang dimainkan. Banyak asosiasi game, pabrikan dan PTA membantu orang tua mempelajari semua tentang video game dan cara memantau game. Ada majalah serta situs web online yang memiliki artikel dan ulasan serta tips bermain game. Ini informatif dan bertindak sebagai pedoman bagi orang tua yang relatif baru dalam nuansa game.

  • Game sudah menjadi arus utama sekarang, jadi ajari anak-anak semua tentang permainan tabu dan aturan keselamatan.
  • Pilih game yang sesuai dengan usia anak-anak dan pastikan untuk membaca peringkat serta ulasan sebelum memainkan game apa pun.
  • Ketika membeli sistem permainan, belilah yang memiliki pengontrol ekstra sehingga anak-anak dapat bermain dengan teman dan kontrol orang tua. Ini akan memungkinkan Anda untuk mengontrol permainan yang dimainkan dan anak-anak akan menjadi mahir secara sosial dengan bermain dengan orang lain.
  • Selalu izinkan anak-anak bermain video game di ruang keluarga atau ruang tamu. Lokasi sosial untuk bermain game lebih aman daripada di kamar mereka sendiri tanpa terlihat oleh orang dewasa.
  • Jangan memotivasi anak-anak untuk bermain game “buruk”. Game yang penuh dengan kekerasan dan agresi. Ketahui konten permainan dengan berbicara kepada orang tua lain dan anak yang lebih tua.
  • Pantau jarak tempat anak-anak bermain. Ada beberapa tips tentang cara memainkan video game tepat di World Wide Web yang menguraikan posisi duduk, jarak dari monitor atau layar televisi, jumlah jam yang harus dimainkan dan sebagainya.
  • Tetapkan aturan tepat di awal. Aturan peduli sederhana dan dapat dilakukan: batasi waktu bermain video game; izinkan bermain video game dengan teman-teman lokal saja; anak-anak kecil diharuskan tidak bermain game online, tekankan bahwa anak-anak tidak boleh bermain atau mengobrol dengan orang asing.
  • Berteman dengan anak Anda sehingga dia akan memberi tahu Anda jika sebuah permainan menggunakan bahasa yang tidak pantas. Dan jika mereka bermain online untuk memblokir karakter-karakter buruk agar tidak berhubungan dengan anak-anak.
  • Tekankan bahwa mereka tidak pernah mengungkapkan detail pribadi, nomor telepon dan alamat mereka kepada orang asing secara online atau offline.
  • Anak-anak harus belajar bahwa mereka tidak dapat meminjam video game dari teman tanpa sepengetahuan Anda.

Luangkan waktu untuk bermain dengan anak-anak dan ajari mereka cara menghadapi kehidupan dan menilai apa yang benar dan apa yang salah. Bermain game bisa menyenangkan jika dilakukan dengan benar.